Jumat, 15 Februari 2013

Tugas Membuat Laporan tentang Flagellata


Latar Belakang

Protozoa merupakan kelompok lain protista eukariotik. Kadang-kadang antara algae dan Protozoa kurang jelas perbedaannya. Beberapa organisme mempunyai sifat antara algae dan protozoa. Sebagai contoh algae hijau Euglenophyta, selnya berflagela dan merupakan sel tunggal yang berklorofil, tetapi dapat mengalami kehilangan klorofil dan kemampuan untuk berfotosintesis. Semua spesies Euglenophyta mampu hidup pada nutrien kompleks tanpa adanya cahaya, beberapa ilmuwan memasukkannya ke dalam filum Protozoa. Contohnya strain mutan algae genus Chlamydomonas yang tidak berklorofil, dapat dimasukkan ke dalam kelas Protozoa genus Polytoma. Hal ini merupakan contoh bagaimana sulitnya membedakan dengan jelas antara algae dan protozoa. Protozoa dibedakan dari prokariot karena ukurannya yang lebih besar, dan selnya eukariotik. Protozoa dibedakan dari algae karena tidak berklorofil, dibedakan dari jamur karena dapat bergerak aktif dan tidak berdinding sel, serta dibedakan dari jamur lendir karena tidak dapat membentuk badan buah (wase).




·      Dasar Teori
ü Ciri-ciri :
1. Organisme uniseluler (bersel tunggal)
2. Eukariotik (memiliki membran nukleus)
3. Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)
4. Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri  (heterotrof)
5. Hidup bebas, saprofit atau parasit
6. Dapat membentuk sista untuk bertahan hidup
7. Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagella

ü Golongan :
Flagellata (Mastigophora), bergerak dengan flagel (bulu cambuk) yang digunakan juga sebagai alat indera dan alat bantu untuk menangkap makanan. Dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu :
1.      Fitoflagellata. Flagellata autotrofik (berkloroplas), dapat berfotosintesis. Contohnya:Euglena viridis, Noctiluca milliaris, Volvox globator.
2.      Zooflagellata. Flagellata heterotrofik (tidak berkloroplas). Contohnya: Trypanosoma danLeishmania.





·      Cara Kerja :
ü Alat :
v  Mikroskop
v  Pipet
v Objek Glass
v  Handphone

ü  Bahan :
v  Lumut di kolam ikan
v  Air secukupnya

ü  Cara Kerja :
v  Siapkan Mikroskop,
v Cari lumut di dalam kolam secukupnya,
v  Tambah dengan air sedikit,
v  Ambil sedikit lumut menggunakan pipet,
v  Taruh di Mikroskop dengan posisi sudah di jepit,
v  Kemudian lihat menggunakan Mikroskop,
v  Lalu cari hewan kecil yang bergerak-gerak,
v  Jika sudah ditemukan, berarti itulah hewannya.


·      Hasil Pengamatan

1.    Berdasarkan bentuknya, Flagellata dikelompokkan menjadi Fitoflagellata yang berbentuk seperti tumbuhan dan Zooflagellata yang berbentuk seperti hewan. Fitoflagellata diklasifikasikan menjadi 3 kelas, yaitu Euglenoida, Nuctiluca Miliaris dan Volvox Globator. Sedangkan Zooflagellata terdiri dari Trypanosoma dan Leishmania
2.    Secara morfologi, bentuk tubuh Flagellata sangat beragam, ada yang berbentuk lonjong, menyerupai bola, memanjang, dan polimorfik. Hidup soliter atau berkoloni. Bergerak dengan bantuan flagella. Struktur tubuh Flagellata ada yang diselubungi oleh membrane selulosa dan ada yang terlindungi oleh selaput pelikel. Terdapat stigma dan di dalam sitoplasma terdapat berbagai organel seperti plastida, kloroplas, nukleus, vakuola kontraktil, dan vakuola nonkontraktil.
3.    Flagellata memperoleh nutrisi dengan beberapa cara yang berbeda, yaitu holozoik(heterotrof), holofilik (autotrof), saprofitik, dan parasitik. Cara Euglena mendapatkan makanan dapat dilakukan dengan melakukan fotosintesis, dan dengan bantuan gerakan flagella. Adapun respirasinya dengan cara difusi dan dengan bantuan stigma pada flagellata yang memiliki stigma.
4.    Flagellata ditemukan di lingkungan air tawar, misalnya di danau, sungai, kolam dan genangan air, dan air laut. Ada juga yang hidup bersimbiosis dengan organisme lain dan sebagai parasit pada organisme lain.





·      Tabel
Nama
Ciri
Gambar
Flagellata

1. Organisme uniseluler (bersel tunggal)
2. Eukariotik (memiliki membran nukleus)
3. Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok)
4. Hidup bebas, saprofit atau parasit
5. Dapat membentuk sista untuk bertahan hidup
6. Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagella

flagellata2.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar